Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages
Filter by Categories
News

Hati-hati, Salah Olahraga Bisa Cedera

Olahraga untuk tubuh yang lebih sehat. Ungkapan ini kerap kita dengar. Namun, tidak dimungkiri masih banyak orang yang mengeluhkan gara-gara olahraga malah membuat tubuh terasa sakit. Nah, sebaiknya diteliti dulu, tubuh sakit akibat terlalu banyak olahraga atau kurang tepat melakukan gerakan dalam olahraga tertentu?

Hal yang pertama kali dilakukan sebelum olahraga adalah pemanasan. Sayangnya, banyak orang melupakan aktivitas yang satu ini. Perlengkapan untuk olahraga pun harus pas dan nyaman dikenakan. Misalnya, bedakan antara jenis sepatu lari dan sepatu untuk sepak bola. Cara sederhana ini dapat menghindarkan dari risiko keseleo. Makan dan minum dalam porsi cukup sekitar 1 jam sebelum berolahraga juga dapat membantu menghindarkan dari risiko pingsan.

Berikut ini beberapa jenis cedera yang bisa dialami saat berolahraga. Anda perlu mengetahui penyebabnya agar dapat menghindari faktor pemicunya.

Kram

Ini adalah cedera yang umum terjadi saat berolahraga. Kram bisa dipicu oleh kontraksi yang terjadi terus menerus pada otot atau kelompok otot. Pemicunya beragam. Di antaranya pemanasan dan peregangan kurang, gangguan sirkulasi darah ke otot, latihan berlebihan, penumpukan asam laktat, pakaian olahraga yang terlalu sempit, dan komponen elektrolit yang tidak seimbang. Kram bisa terjadi pada bagian telapak dan jari kaki, perut, betis, serta bagian paha belakang.

Dislokasi

Istilah ini merujuk pada kondisi tulang yang bergeser dari tempat yang seharusnya. Posisi tulang dan sendi yang tidak pas ini akan menimbulkan rasa nyeri. Penyebabnya antara lain gerakan yang sama dan berlebihan, terjatuh, atau kesalahan melakukan gerakan olahraga tertentu. Biasanya, dislokasi terjadi pada bagian bahu atau pinggul.

Luka

Jenis luka cukup beragam, di antaranya lecet, memar, tertusuk, dan melepuh. Memar terjadi ketika bagian tubuh terbentur benda keras atau terkena pukulan. Memar juga bisa dipicu akibat aktivitas olahraga tertentu yang rentan memar, seperti jenis bela diri. Lecet bisa terjadi akibat kulit tergores benda tajam saat berolahraga atau akibat terjatuh. Tertusuk peralatan olahraga tertentu juga bisa menyebabkan luka. Melepuh tidak selalu terjadi akibat kulit terpapar benda bersuhu tinggi. Pemakaian sepatu yang tidak sesuai juga bisa memicu kulit melepuh.

Sprain

Ini adalah cedera yang terjadi pada ligamentum. Pemicunya adalah tekanan berlebihan pada suatu bagian tubuh tertentu atau aktivitas yang melibatkan sendi yang berulang-ulang. Sprain terbagi menjadi tiga tingkatan, mulai yang paling ringan hingga paling berat. Cedera ini biasa dialami oleh para perenang dan terjadi pada bagian punggung, dada, kaki, tangan, bahu, dan siku.

Strain

Apabila sprain terjadi pada sendi atau bagian tubuh tertentu, strain terjadi pada bagian otot atau tendon. Strain juga terjadi akibat gerakan sama yang berulang-ulang pada otot atau bagian otot mengalami tekanan berlebihan. Tingkatan strain juga terdiri dari tiga jenis, mulai yang paling ringan hingga paling berat.

Perdarahan

Cedera ini bisa terjadi bila seseorang yang sedang berolahraga terjatuh atau mengalami tekanan berlebihan. Perdarahan bisa terjadi pada hidung, kulit, dan mulut. Olahraga yang rentan perdarahan tidak hanya bela diri, tetapi juga renang.

[HARIAN KOMPAS/MIL]

Photo: Shutterstock

Organized by

Sponsored by

Hosted by

Mineral Water Partner

Insurance Partner

Apparel Partner

Venue Partner

Airline Partner

Venue Racepack Partner

Travel Agent Partner

Supported by

Communities