Hanya temuan yang sesuai
Cari judul
Cari konten
Cari postingan
Cari halaman
Pilihan Kategori
Berita

9 Wisata Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Magelang

Selain terkenal dengan wisata budaya, wisata kuliner Magelang tak kalah menarik! Simak wisata kuliner Magelang apa saja yang bisa kamu coba selama mengikuti Bank Jateng Borobudur Marathon 2017. Selamat mencoba!

 

TOKO BOLU KETAN MENDUT

Lokasi: Jalan Mayor Kusen Nomor 47, Mendut, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0812-32422755

Toko Bolu Ketan Mendut menjadi salah satu tempat menikmati kuliner populer di daerah wisata Candi Borobudur, Candi Pawon, dan Candi Mendut. Jika ingin makan mencicipi ataupun membeli untuk buah tangan, tersedia bolu ketan Mendut rasa original atau asli dan rasa stroberi. Selain bolu ketan, tersedia kue chiffone ketan Mendut, lapis ketan Mendut yang dipanggang maupun dikukus, bolu gulung batik, bolu gulung rainbow, serta brownies dengan harga terjangkau, berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 35.000 saja.

Toko yang memulai usaha pada tahun 2013 ini mudah ditemukan. Toko yang setiap hari buka antara pukul 07.00 hingga 21.00 ini terletak pojok jembatan Sungai Elo ke arah Candi Mendut, atau berlokasi hanya sekitar 200 meter di sebelah selatan arah Candi Mendut.

 

KUPAT TAHU PAK SLAMET

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar Nomor 8 Ngesengan, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah

Bagi pemburu kuliner lokal, Warung Kupat Tahu Pak Slamet bisa menjadi incaran. Kupat tahu khas Magelang di kedai ini disajikan di atas piring sedang berwarna putih yang berisi potongan tahu halus, tempe bacem, ketupat, kecambah, kubis, bakwan goreng, daun seledri, dan bawang goreng. Kuah kacang yang digiling halus dan relatif encer melengkapi sajian. Cabai yang diulek untuk menambah rasa pedas diletakkan terpisah di tepi piring agar pengunjung bisa menambahkan sendiri sesuai selera. Tersedia pula aneka ragam makanan ringan dan camilan di antaranya gorengan, sate udang, pisang rebus, gula kacang, keripik, dan berbagai macam kerupuk.

Warung kupat tahu Pak Slamet yang buka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB berada di sebelah selatan Masjid Agung Kota Magelang. Pengunjung bisa menikmati menu kupat tahu dengan harga hanya Rp 15.000 per porsi.

 

NASI GORENG MAGELANGAN PAK YATNO

Lokasi: Jalan Mayjen Bambang Soegeng, Kota Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0858-68376800

Magelangan bukan mengacu pada lokasi. Magelangan populer untuk menyebut nasi goreng yang dimasak bercampur dengan mi, telur dan ayam. Meski mungkin aneh bagi yang tidak biasa, rasanya nikmat dan membuat rindu. Buktinya, banyak nasi goreng magelangan muncul di kota-kota lain. Salah satu kedai nasi goreng magelangan yang terkenal adalah warung Pak Yatno. Cukup dengan Rp 15.000 per porsi, kuliner khas Magelang bisa dinikmati. Selain nasi goreng magelangan, tersedia mi rebus dan mi goreng yang rasanya khas Magelang agak manis.

Warung makan ini mudah ditemukan. Setiap sore dari pukul 16.00 hingga 01.00 dini hari melayani pembeli di di pinggir Jalan Raya Magelang–Yogyakarta, sebelum lampu merah Mertoyudan, dari arah Yogyakarta. Warung ini berada di depan pabrik karoseri New Armada.

 

SOP SENEREK BANAR

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta 288, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0293-789084

Sop senerek atau sop kacang merah menjadi salah satu kuliner khas Magelang. Tak seperti sup biasa, sop senerek menggunakan berbagai macam bahan isian seperti kacang merah, bayam, wortel, daun bawang, dan daging sapi.

Jika ingin mencicipi makanan yang konon menjadi bukti perpaduan budaya lokal dan Belanda, bisa mampir ke Warung Makan Sop Senerek Iga Banar, kurang lebih 3 kilometer dari Candi Borobudur. Warung yang buka antara pukul 06.30 hingga 16.30 WIB ini mempunyai menu andalan sop senerek dengan campuran daging iga sapi. Hanya dengan Rp 15.000, pengunjung bisa menikmati sepiring sop senerek di warung yang terletak di areal persawahan hijau. Ada berbagai menu lezat lainnya seperti nasi pecel telur, nasi pecel daging sapi, brongkos daging dan nasi lombok ijo daging. Tersedia juga makanan pendamping seperti perkedel daging, tahu dan tempe bacem, aneka sate mulai sate usus, sate daging, sate jeroan serta gorengan.

 

WARUNG BEONG ASLI BOROBUDUR

Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman 444. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0822-26884845

Kunjungan ke Borobudur tak akan lengkap tanpa menikmati kuliner khas daerah tersebut, Mangut Beong. Bahan utama makanan ini adalah ikan beong, yakni ikan air tawar yang endemis hidup alami di Sungai Progo. Ikan ini berwarna hitam, memiliki tiga patil dan kumis melintang panjang khas ikan lele, tetapi bagian ekornya serupa dengan bandeng. Ikan ini juga sering dikenal sebagai ikan baung di wilayah lain.

Di Warung Beong Asli Borobudur, harga ikan beong yang dimasak dengan bumbu mangut, atau seperti gulai yang rasanya diperkaya dengan gurihnya ikan dan tambahan potongan cabe rawit merah antara Rp 20.000 hingga Rp 70.000, tergantung pada besar ikan. Warung yang buka antara pukul 08.00 hingga 20.00 WIB ini juga menyediakan ikan lele, nila, belut, dan gabus. Bagi yang tak menyukai ikan, Anda bisa mencicipi ayam goreng di warung ini.

 

BRONGKOS WARUNG IJO MBAK PRIH 

Alamat : Jalan Magelang Kilometer 17, Ngebong, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, DIY                  
Telepon: 0819 852 140/0857 7325 4545

Warung yang didominasi warna hijau ini terletak 1 kilometer sebelum Jembatan Krasak dari arah Yogyakarta ke Magelang. Warung legendaris ini didirikan Bu Padmo tahun 1952, dan semula terletak di bawah Jembatan Krasak yang menjadi pembatas antara Provinsi DIY dengan Provinsi Jateng di bagian utara.

Menu andalan warung yang buka pukul 06.00-21.00 WIB adalah brongkos daging sapi. Mirip rawon yang kuahnya kecoklatan, brongkos berkuah santan kental, lalu dimanisi gula kelapa. Brongkos di Warung Hijau Mbak Prih terdiri atas tetelan, koyoran, dan daging sapinya yang disantan kental, lalu diimbuhi keluak. Sayur tolo yang terdiri dari kacang tolo dan tahu putihnya disayur dengan santan tanpa keluak disajikan terpisah. Perpaduan brongkos dan sayur tolo terasa lezat menggoda lidah. Brongkos komplit bisa disantap dengan harga Rp 35.000 per porsi. Babat, iso goreng, empal goreng, tumis cabai hijau, sambal goreng petai, dan sayur jengkol bisa dicicipi dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Sementara itu, harga minuman antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

 

TAHU POJOK MAGELANG

Alamat : Jalan Tentara Pelajar Nomor 14, Kota Magelang, Jawa Tengah

Warung sederhana yang berlokasi di Bayeman atau Jalan Tentara Pelajar wajib dikunjungi saat berada di Kota Magelang. Pada salah satu dinding dalam warung yang selalu penuh pengunjung itu, terpampang foto salah seorang mantan presiden dan keluarganya yang sedang menikmati keaslian rasa seporsi kupat tahu. Resep pembuatan kupat tahu di warung yang buka antara 09.30 hingga 21.00 WIB ini telah diwariskan sejak 1942.

Kabar kenikmatan potongan kupat, tahu serta taoge, kol, seledri dan potongan gorengan bakwan yang diguyur kuah kacang hangat cair plus taburan bawang goreng dengan harga Rp 13.000 per porsi membuat warung tak pernah sepi dari antrean pengunjung. Sambil menunggu pesanan datang, emping, kerupuk udang, rempeyek kacang dengan harga antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000 dalam stoples-stoples kaca tebal zaman dulu, bisa dicoba. Aneka penghilang dahaga khas tradisional seperti sekoteng, jahe, ronde dengan harga antara Rp 4.000 hingga Rp 9.000 tersedia menemani santapan yang menimbulkan sensasi manis berpadu dengan kelembutan tahu.

 

DAPOER GENDING 

Alamat: Jalan Pramudya Wardhani Nomor 19, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Telepon: 0813.2906.2080

Jejeran aneka sepeda motor yang memenuhi lapangan parkir di depan Dapoer Gending pertanda tempat itu menjadi lokasi kumpul kaum muda di Borobudur. Makanan utama yang disajikan terdiri dari ayam, baik ayam negeri maupun kampung, ikan nila dan gurame. Rasanya enak dan harganya murah, sesuai motonya: “Harga Murah. Dijamin puas.” Wisatawan Nusantara dan turis asing di lingkungan Borobudur kerap menyambangi warung yang buka antara pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Paket ayam geprek seharga Rp 11.000 menjadi menu primadona. Pilihan lainnya paket ayam kampung bakar, atau nila bakar. Masakan sayurnya terbatas. Hanya ada capcay, cah kangkung, cah brokoli dan jamur asam manis. Bila hendak ngemil, ada kentang goreng dan jamur crispi seharga Rp 6.000 atau tiga buah mendoan seharga Rp 2.000. Bersantap di tempat ini meski perut kenyang, tetapi kantong tetap aman.

 

GUDEG PAWON

Alamat: Jalan Janturan Nomor 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY

Gudeg Pawon jadi salah satu tempat makan favorit pada malam hari di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Meski baru akan buka pada pukul 22.00, minimal 1 jam sebelumnya sudah harus mengantre agar tidak kehabisan makanan. Antrean dimulai dari depan pintu pawon atau dapur mengular hingga jalan raya. Di dalam pawon, terlihat tungku-tungku berbahan bakar kayu yang terus menyala. Di sanalah nasi, gudeg, krecek, telur dan ayam kampung – terdiri atas paha, dada, sayap, dan leher– dimasak.

Warung gudeg yang dirintis sejak tahun 1958 itu menyajikan gudeg basah dengan lauk berkuah yang segar. Perpaduan manis gudeg, gurih aren dan empuknya daging ayam menciptakan sensasi nikmat yang pas di lidah, melebur lelah mengantre. Harga seporsi gudeg, krecek, telur, dan ayam di warung yang buka dari pukul 22.00 hingga 24.00 WIB ini berkisar Rp 25.000. Pengunjung juga bisa memesan minuman yang rata-rata seharga Rp 5.000 per gelas.

 

Organized by

Sponsored by

Hosted by

Mineral Water Partner

Insurance Partner

Apparel Partner

Venue Partner

Airline Partner

Venue Racepack Partner

Travel Agent Partner

Supported by

Communities